Tips Memilih Tipe Gorden Premium Harga Terjangkau yang Cocok untuk Tiap Ruangan - JAVA GORDEN
Select Page

Javagorden.com –  Memilih gorden premium harga terjangkau. Menentukan desain rumah dengan perabotan yang sesuai terkesan menjadi hal yang menyenangkan. Pemilihan perabotan serta furniture biasanya dipadu-padankan dengan desain interior rumah. Begitu juga dengan pemilihan gorden. Memilih gorden bukan merupakan hal yang sulit. Meski terkesan sepele tapi gorden memiliki peranan penting di rumah. Gorden memiliki peranan dalam menghalau sinar matahari masuk ke dalam rumah. Sehingga Anda bisa mengurangi teriknya panas di siang hari. Tidak hanya sebagai penghalau sinar matahari, tapi juga mempercantik ruangan dan memberikan privasi bagi Anda.

Anda bisa memilih gorden dengan motif atau tanpa motif sesuai dengan kebutuhan. Selain motif, warna gorden jendela juga perlu Anda tentukan. Sesuaikan warna gorden dengan gaya ruangan agar tetap selaras.  Sebelum membeli gorden premium harga terjangkau Anda perlu mengetahui tipe gorden dan tips memilih gorden jendela.

Tipe Gorden Jendela

Ada banyak tipe gorden jendela yang bisa Anda pilih di Java Gorden. Jadi Anda bisa memilih tipe gorden sebelum memasangnya di rumah. Pada dasarnya, tidak semua tipe gorden cocok dipasang di semua ruangan. Jika Anda tidak ingin salah memilih, alhasil akan mengurangi estetika dari ruangan. Apa saja pilihan tipe gorden yang ada?

  • Tipe Draperies

Memiliki permukaan yang bergelombang dan menggantung sama panjang. Tipe gorden jendela satu ini terlihat simple dengan motif dan warnanya yang cantik. Biasanya terbuat dari kain yang berat dengan seringkali mengandung bahan akrilik pada lipatannya.

  • Tipe Sheer

Gorden jendela tipe sheer ini terbuat dari kain ringan semi transparan. Bahannya yang tipis cocok digunakan sebagai pelapis gorden jendela sehingga cahaya matahari dari luar tetap bisa masuk ke dalam ruangan. Biasanya menggunakan bahan voile berwarna putih polos maupun bermotif.

  • Tipe Rod Pocket

Merupakan tipe gorden paling sederhana dengan lorong tertutup pada bagian atasnya yang berfungsi untuk memasukkan besi penggantung gorden. Menggunakan bahan dari kain yang ringan dan kurang fleksibel untuk digeser. Sebaiknya gorden dengan tipe rod pocket ini dipasang pada ruangan yang jarang digunakan.

  • Tipe Valances

Menjadi tipe gorden yang mempunyai nilai estetika fungsional. Valances mempunyai fungsi sebagai penutup batang jendela. Gorden tipe valances biasanya hanya berfungsi menjadi ornamen pelengkap yang dipasang jadi satu dengan cascades atau vitrase.

  • Tipe Cascades

Merupakan gorden yang kedua sisi jendelanya dibuat menjuntai. Pada bagian atasnya terdapat ornamen bergelombang dengan bentuk seperti setengah lingkaran atau swag. Gorden premium harga terjangkau hadir dengan motif dan panjang yang bervariasi. Cascades biasanya cocok untuk kamar pribadi atau ruang baca.

  • Tipe Eyelet

Gorden tipe eyelet mungkin yang paling sering Anda jumpai. Pada bagian atas gorden, terdapat ring-ring besi yang menjadi tempat menggantung pada batang jendela. Umumnya terbuat dari bahan yang ringan atau tidak terlalu berat dan fleksibel untuk digeser. Untuk yang berbahan ringan, cocok dipasang di kamar anak. Sedangkan yang berbahan berat cocok untuk ruang keluarga atau kamar tidur bergaya modern.

  • Tipe Tiers

Jika pada tipe valances berfungsi untuk menutupi bagian atas, maka tipe tiers ini merupakan kebalikannya yaitu menutupi bagian bawah. Umumnya tiers dipasang pada sepertiga bagian bawah jendela.

Gorden tipe tiers cocok Anda pasang di area dapur atau kamar mandi. Meski cahaya dari luar masih bisa masuk, namun privasi Anda tetap dapat terjaga.

  • Tipe Blinds

Biasanya terbuat dari bahan keras seperti canvas. Di Indonesia, lebih dikenal dengan sebutan kerai. Mungkin Anda sering menjumpai di ruang kantor. Terdapat beberapa macam pilihan dari tipe blinds yaitu roller blinds, roman blinds, serta vertical dan horizontal blinds.

  • Tipe Tab Top

Modelnya hampir mirip dengan gorden bertipe eyelet. Hanya saja ring-ring pada bagian atas tipe tab top ini berupa kain. Ring-ring kain tersebut berfungsi untuk mengaitkan gorden ke batang besi penggantung. Cocok Anda gunakan pada ruangan dengan suasana formal.

  • Tipe Scarves

Menjadi tipe gorden berupa kain panjang yang pemasangannya paling mudah. Caranya cukup dengan melilitkannya pada batang jendela sebagai dekorasi. Anda bisa mengkreasikannya sesuai keinginan. Anda bisa menggunakan kain halus seperti sutra. Scarves cocok sebagai aksen dekorasi diatas gorden jendela lain yang menawan.

  • Tipe Pleat

Merupakan tipe gorden dengan desain berlipat pada bagian atasnya. Terdapat 4 kategori model dari tipe pleat ini yaitu box pleat, tailored pleat, goblet plait dan pinch pleated.

Model box pleated memiliki lipatan dengan bentuk kotak. Model tailored pleat pada setiap tiga lipatan dijahit ujung atasnya sehingga akan berbentuk mengerucut. Goblet pleat pada bagian atasnya terdapat tiga lipatan yang bentuknya menyerupai piala. Dan yang terakhir pinch pleated dengan tiga atau lima lipatan namun bentuknya tetap seimbang.

Tips Memilih Gorden Jendela

Anda bisa menemukan bermacam tipe gorden yang bisa disesuaikan dengan rumah Anda. Oleh karena itu, simak beberapa tips berikut yang bisa memantapkan Anda dalam memilih gorden premium harga terjangkau.

  1. Pilih gorden dengan tingkat transparansi yang sesuai dengan fungsi ruang.

Anda perlu mengetahui dan mengukur tingkat opacity dari warna ruangan. Misalnya ruangan yang membutuhkan privasi seperti kamar tidur baiknya menggunakan gorden berbahan berat dengan lapisan tambahan. Pilih gorden blackout atau tingkat kepekatan yang baik agar sinar matahari tidak masuk ke dalam ruangan.

  1. Tentukan gorden sesuai dengan desain rumah.

Jika Anda mempunyai gaya rumah klasik atau kontemporer maka Anda bisa menggunakan panel pair. Untuk pemilik rumah klasik penuh detail dan ukiran sebaiknya memilih gorden full set yang terdiri dari panel pair dan kelambu penutup atau valance.

  1. Tentukan sistem pengait gorden.

Selanjutnya Anda perlu memperhatikan mengenai sistem pengaitnya. Usahakan memilih sistem pengait gorden yang praktis dalam pemasangan dan pelepasannya. Sehingga nantinya mudah saat ingin diganti.

  1. Pilih motif dan warna yang mencerminkan penggunanya.

Memilih motif dan warna juga menjadi hal yang penting. Seperti misalnya menentukan warna gorden yang menghadirkan semangat pada ruang kerja.

  1. Pasang dengan cara yang tepat.

Memasang gorden ada teorinya agar memberikan kesan cantik menawan. Misalnya pemasangan tiang gorden baiknya mendekati ceiling dan tidak mepet ke jendela. Jika Anda tidak ingin ribet, cukup hubungi Java Gorden yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Java Gorden tidak hanya menyediakan segala macam gorden, tapi juga wallpaper, roller blinds dan vinyl flooring. Java Gorden siap membantu dalam memenuhi kebutuhan indoor dan outdoor ruangan favorit Anda.

Anda bisa berkonsultasi dan mendiskusikan tentang desain rancangan yang sesuai dengan keinginan. Berikan sentuhan unik dan indah dalam menyempurnakan nuansa ruangan Anda bersama Java Gorden. Segera kunjungi https://javagorden.com/ untuk menentukan gorden premium harga terjangkau yang berkualitas.

Open chat